Kecepatan dan Konsistensi Lebih Tinggi: Mengenal Lebih Jauh Teknologi 5G yang Viral

Tahukah kamu apa itu teknologi 5G yang sedang viral belakangan ini? Kalau begitu mari kita bahas.teknologi 5G adalah teknologi internet wireless

Risma Yulia - Fitri Kurnia - Mengenal Lebih Jauh Teknologi 5G yang Viral

Tahukah kamu apa itu teknologi 5G yang sedang viral belakangan ini? Kalau begitu mari kita bahas.teknologi 5G adalah teknologi internet wireless terbaru generasi ke 5 dengan layanan internet yang jauh lebih baik dari sebelumnya dengan menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi yaitu mampu menggungah data 10 hingga 20 kali lebih cepat, koneksi yang lebih konsisten,dan peningkatan kapasitas daripada jaringan sebelumnya yaitu teknologi 4G. misalnya, teknologi seperti mobil kemudi otomatis, aplikasi game canggih, dan media streaming langsung yang membutuhkam koneksi data yang memiliki kecepatan tinggi yang dapat diandalkan akan manfaat besar dari konektivitas 5G.

Seberapa penting teknologi 5G di Indonesia

Kehadiran teknologi 5G di Indonesia dirasakan sangat perlu karena memiliki dampak yang besar terhadap kemajuan teknologi di negri kita ini



Kelebihan 5G

  1. Cakupan 5G makin luas: Sejak diluncurkannya teknologi ini para operator seluler berlomba menyediakan layanan 5G di Indonesia.meski hanya tersedia di beberapa kota besar. Yaitu mulai dari DKI Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan kota-kota besar lainnya
  2. Aktivitas harian lebih Cepat: Kecepatan jaringan ini menawarkan kecepatan yang lebih dari 4G. dengan kecepatan ratarata  mencapai hamper 500 Mbps di wilayah yang padat penduduk
  3. Gaming: Jaringan 5G menghadirkan lantasi rendah saat digunakan bermain game. Dimana lantasi rendah membuat tidak adanya jeda waktu pada transmisi data pengirim menuju penerima
  4. Beranjak ke Cloud: Banyak penggunak dari gawai menggetahui manfaat penghematan cloud yaitu menghemat ruang atau memori di gawai.ini tentang smartphone maupun deskop.
  5. 5G dinilai dapat membantu distribusi file dari cloud dengan lancar, memungkinkan pengguna untuk bekerja dari banyak perangkat dengan lancar. Penggunaan cloud juga dapat mengurangi beban mesin lokal yang digunakan pengguna.
  6. Koneksi multi-device: 5G bukan hanya memberi dampak pada smartphone saja, melainkan untuk perangkat teknologi lain. Kini, beragam aktivitas bisa terpusat di genggaman, di smartphone. Tren koneksi smartphone ke perangkat-perangkat lain seperti TV, AC, kulkas, dan lain-lain sedang berkembang. Smart-living tersebut tentu saja akan lebih 'mulus' dengan koneksi stabil yang ditawarkan oleh 5G.
  7. Mobilitas Optimal: Keunggulan lain yang ditawarkan oleh jaringan 5G adalah optimalisasi mobilitas masyarakat. Jaringan 5G yang sudah diciptakan canggih akan membantu kebutuhan manusia dalam bepergian atau transportasi. Seperti pada saat  mencari informasi tentang arus lalu lintas, kondisi jalan, dan ramalan cuaca. Dengan begitu perjalanan kendaraan bisa lebih optimal, sepertti menghindari banyak lampu lalu lintas dan  mengurangi adanya kecelakaan.
  8. Adanya peningkatan keamanan: Dengan teknologi internet 5G adalah adanya penigkatan keamanan. Penggunaan teknologi 5G akan memudahkan kerja pemantauan semua perangkat yang memiliki akses jaringan. Dengan sistem ini maka dapat lebih baik dalam mengidentifikasi risiko atau ancaman secara real time. 
  9. Konsumsi energi lebih rendah: Diperkirakan teknologi 5G mampu mengurangi konsumsi daya perangkat. Internet 5G memungkinkan daya tahan baterai yang lebih besar, sehingga masa pemakaiannya pun bisa lebih panjang. Misalnya, diperkirakan perangkat Internet of Things (IoT) bisa bertahan hingga 10 tahun.

Kekurangan 5G

  1. Lambatnya peluncuran 5G: Untuk sementara potesi kelebihan dan kekurangan 5G sangat bagus diatas kertas. Namun teknologinya masih belum tersedia secara global. Beberapa negara mengadopsi teknologi ini lebih cepat, sementara yang lain harus menunggu bertahun-tahun bahkan jika itu telah sampai disana Juga, implementasi tidak menyiratkan kinerja yang sempurna. Operator jaringan seluler baru akan mengalami kesulitan teksis dalam beberapa waktu. Selain itu, keadaan keuangan mungkin mengharuskan hanya kota besar saja yang dapat mengkakses teknologi 5G ini. Daerah pedesaan dapat kembali ditunda selama beberapa tahun lagi.
  2. Menara jaringan yang rentan terhadap gangguan: Sekali lagi, kemampuan teoritis 5G terlihat luar biasa. Tetapi meskipun begitu mereka mengukur dalam kondisi yang sempurna, Gedung-gedung tingi serta pepohonan dapat menghalangi jaringan 5G. oleh karna itu, 5G mungkin tidak layak atau berkinerja buruk dia area dengan banyak objek tinggi. Untuk mencegah hal ini, operator harus menempatkan Menara di atas objek tersebut untuk mengecualikan area pedesaan dari jangkauan. Kalau tidak, maka harus lebih banyak Menara yang harus dibangun di sekitarnya, yang merupakan kerugian finansial dan estetika.
  3. Perangkat lama tidak kompatibel dengan 5G: Salah satu kelemahan besar jaringan 5G adalah ketidakcocokannya dengan perangkat lama (2G, 3G, 4G). Jadi, bahkan setelah konektivitas 5G dimungkingkan, pengguna harus mengganti perangkat yang sudah berumur bertahun-tahun untuk mendapatkan manfaatnya. Hal ini tidak termasuk populasi rata-rata yang mengadopsi teknologi. Ini juga menyebabkan perangkat 4G segera usang, yang menyebabkan lebih banyak limbah elektronik.
  4. 5G memiliki risiko keamanan: Peneliti keamanan juga telah mengidentifikasi kelemahan yang mengekspos jaringan 5G terhadap penolakan layanan terdistribusi (DDoS) dan serangan man-in-the-middle (MITM). Sebagai teknologi baru, itu akan terbuka untuk eksploitasi baru. Individu jahat juga dapat memanfaatkan peningkatan bandwidth yang diberikan ke perangkat Internet of Things (IoT) untuk membuat serangan botnet lebih kuat. Dengan adanya maslah keamanan seperti itu maka 5G meningkatkan keamanannya undtuk melindungi data para penggunanya
  5. Dampak negatif bagi Kesehatan: Risiko kesehatan 5G telah menjadi topik besar dan diekspos berulang kali. Lagi pula, efek yang berpotensi berbahaya dengan cepat berkurang hanya beberapa meter dari menara. Tapi kami juga belum tahu dampak jangka panjang dari teknologi 5G ini, terutama dikarenakan jumlah menara seluler yang berdekatan meningkat. Cara 5G dapat memengaruhi kesehatan seharusnya tidak menghalangi implementasi teknologi tanpa bukti. Namun, itu harus dipantau dan dipertahankan pada tingkat yang aman untuk daerah yang berpenduduk.

Cara Kerja Teknologi 5G

  1. Seperti jaringan seluler sebelumnya, teknologi 5G menggunakan situs seluler yang mengirmkan data melalui gelombang radio. Situs seluler terhubung ke jaringan dengan teknologi nirkabel atau koneksi kabel. Teknologi 5G bekerja dengan memodifikasi cara data yang dikodekan, secara signifikan dapat meningkatkan jumblah gelombang udara yang dapat digunkan untuk operator
  2. OFDM: Orthogonal Frequency Division Multiplexing yang disingkat menjadi OFDM adalah bagian penting dari teknologi 5G. OFDM adalah format modulasi yang mengodekan gelombang udara pita tinggi yang tidak kompatibel dengan 4G dan menawarkan latensi yang lebih rendah serta fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan LTE.
  3. Menara yang lebih kecil: Teknologi 5G menggunkan pemancar yang lebih kecil yang ditempatkan di gedug infrastruktur lainnya

Manfaat 5G untuk Meningkatkan Bisnis

  1. Dapat meningkatkan produktivitas karyawan: 5G tidah hanya akan menghasilkan cara kerja yang benar-benar baru tetapi juga dapat mempermudah pengembangan bisnis anda.ini memungkinkan mereka untuk melakukan lebih sedikit pekerjaan
  2. Manfaat konektivitas: Dengan 5G kita akan menyaksikan pertumbuhan luar biasa dalam jumblahperangkat dan mesin yang berkomunikasi satu sama lain. Konektivitas ini memungkinkan untuk melestarikan kehidupan dan infrastruktur serta membantu layanan darurat.
  3. Latensi lebih rendah memberikan lebih banyak peluang: Peningkatan bandwidth 5G akanmemungkinkan kecepatan pengunduhan yang sangat cepat, meningkatkan aplikasi, dan mengurangi hambatan.

 

Baca juga :